A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/stitalhikmah/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/stitalhikmah/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Adakan KKL Daring di Masa "New Normal", Kegiatan Harus Ikuti Protokol Kesehatan | STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

Jln Gatot Subroto Km. 3 No. 3 Kel. Lubuk Baru Kec. Padang Hulu Kota Tebing Tinggi

Jayalah AL-Hikmah

Adakan KKL Daring di Masa "New Normal", Kegiatan Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Rabu, 22 Juli 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 410 Kali

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi mata kuliah wajib di STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi untuk memiliki gelar sarjana. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah Tebing Tinggi mengadakan KKL bagi mahasiswa tahun ketiga. Tidak seperti biasanya, KKL kali ini dilaksanakan secara individu di lingkungan masing-masing dan menjadi KKL dalam jaringan atau daring.

"Kali ini mahasiswa menjalankan kegiatan KKL secara daring dari lingkungan masing-masing. Hal ini tentu disebabkan oleh pandemi yang sedang kita hadapi. Bagaimanapun, kegiatan akademik tetap berjalan dengan syarat dan ketentuan yang sedang berlaku di masa Covid-19 ini," ujar Ficki Padli Pardede, M.A selaku ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi saat pelepasan KKL Jumat, 17 Juli 2020.

Ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi melepas 54 mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) untuk mengikuti KKL daring. KKL daring saat pandemi Covid-19 dilaksanakan dalam jangka waktu kurang lebih hampir 2 bulan, pada 20 Juli-5 September 2020. Para mahasiswa dibimbing oleh para dosen pembimbing secara berkelompok yang berkomunikasi lewat media WhatsApp Group.

Mahasiswa melaksanakan pengabdian masyarakat hanya di sekitar lingkungannya dengan kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing dalam aspek pendidikan, sosial dan keagamaan. "KKL daring dilakukan hanya di lingkungan masing-masing, diisi dengan berbagai kegiatan dari aspek pendidikan, sosial, dan keagamaan. Tentunya kegiatan-kegiatan tersebut juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan, memperhatikan Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta protokol kesehatan," jelas Sopian Lubis, M.A selaku ketua panitia KKL tahun ini. Kegiatan pendidikan dapat dilakukan dengan memberikan pengajaran kepada anak di lingkungan tempatnya tinggal secara personal. Kegiatan keagamaan dapat dilakukan dengan menjadi khatib pada sholat Jumat, mengajar ngaji, mengisi kajian online, dan kegiatan lainnya. Kegiatan sosial dapat dilakukan dengan mensosialisasikan pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), membagi-bagikan masker dan hand sanitizer, membuat poster edukasi, dan kegiatan lainnya dengan tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak di lingkungan tempat tinggal mahasiswa tersebut.

"Dosen pembimbing juga melakukan monitoring secara daring dimana mahasiswa melaporkan kegiatannya melalui video dan foto, bahkan dengan panggilan video. Jadi KKL dalam jaringan atau daring ini tetap memperhatikan protokol kesehatan, bahkan kita turut berpartisipasi aktif dalam pencegahan Covid-19 mulai dari hal kecil di lingkungan masing-masing. Semoga KKL daring ini berjalan dengan lancar meskipun berbeda dari biasanya, dan tentunya kita semua selalu berdoa dan berharap agar pandemi ini segera berakhir, dan kehidupan kembali normal, bukan sekadar new normal," tutup ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi. (*)

Covid19 Kkl

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT