A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/stitalhikmah/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/stitalhikmah/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Sebagai Icon Pendidikan Islam, STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi Usulkan Alih Status Menjadi Institut Agama Islam | STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

Jln Gatot Subroto Km. 3 No. 3 Kel. Lubuk Baru Kec. Padang Hulu Kota Tebing Tinggi

Jayalah AL-Hikmah

Sebagai Icon Pendidikan Islam, STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi Usulkan Alih Status Menjadi Institut Agama Islam

Sabtu, 22 Februari 2020 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 330 Kali

Sekolah Tinggi Ilmu Tabiyah (STIT) Al-Hikmah Tebing Tinggi merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Sumatera Utara yang diawasi oleh Kopertais wilayah IX Sumatera Utara. STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi merupakan resmi berdiri sendiri pada tahun 2004, tepatnya Sabtu, 19 November 2004. STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi berdiri dengan Ir. H. Mara Pinta Harahap, M.M., M.AP sebagai ketua yayasan, Drs. Zainuddin Siregar, S.H., S.E., M.M sebagai ketua senat, dan Alm. Salman Rasidi, M.A sebagai ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi kala itu.

Semenjak berdirinya STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, kepemimpinan telah berganti 3 kali. Periode pertama tahun 2004-2014. Ketua STIT dijabat oleh Alm. Salman Rasidi, M.A. Setelah Alm. Salman Rasidi, M.A., meninggal dunia kepemimpinan dilanjutkan oleh Drs. Zulfahri, M.A dari tahun 2014-2016. Tahun 2017 Dr. Masdar Limbong, M.Pd menjadi Plt. Ketua STIT Al-Hikmah dan pada tahun 2018 hingga sekarang, STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi dipimpin oleh Ficki Padli Pardede, M.A.

STIT Al-Hikmah berada di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah (Yaspetia) dan saat ini mengelola tiga program studi, yakni program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang telah ada sejak STIT Al-Hikmah lahir, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang beroperasi sejak tahun 2015, dan program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang baru saja berjalan pada tahun 2019.

STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi telah melaksanakan kegiatan akademik selama 16 tahun, meluluskan 873 sarjana, dan melakukan berbagai perkembangan untuk membangun peradaban umat Islam yang lebih baik. Berbagai perkembangan terkini adalah telah dibukanya program studi Tadris Matematika yang insya Allah akan beroperasi pada tahun 2020 karena telah mengantongi SK akreditasi minimum dari BAN-PT.

Tak berhenti di situ, STIT Al-Hikmah kembali mengusulkan program studi baru. Sebagai bentuk keseriusannya, STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi mengusulkan dua program studi baru sekaligus, yaitu program studi Ekonomi Syariah yang akan berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan program studi Hukum Pidana Islam yang akan berada di Fakultas Syariah. Empat program studi sebelumnya akan berada di Fakultas Ilmu Tarbiyah. Program studi-program studi tersebut akan berada di fakultasnya masing-masing saat pengajuan alih status STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi selesai. Dengan kata lain, di tahun 2020 ini STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi sedang mengusulkan dua program studi baru dan alih status untuk menjadi Institut Agama Islam Al-Hikmah Tebing Tinggi.

Bukti Registrasi Pengusulan Prodi Baru dan Alih Status

Transformasi STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi ini telah didukung oleh Walikota Tebing Tinggi dan seluruh masyarakat kota Tebing Tinggi dan sekitarnya. Walikota Tebing Tinggi mengatakan bahwa akan mendukung penuh kegiatan akademik dan pengembangan yang dilakukan STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi, terlebih jika STIT menjadi Institut Agama Islam, maka perguruan tinggi ini akan menjadi pionir dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi setingkat institut yang ada di Tebing Tinggi dan sekitarnya. Bersamaan dengan ini, STIT Al-Hikmah memohon dukungan serta doa dari seluruh masyarakat agar transformasi yang sedang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan dapat membangun peradaban umat dengan lebih baik. (*)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT