A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/stitalhikmah/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/stitalhikmah/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

STIT Kirim Mahasiswa PPL ke Warga Pesisir, Ketua : Mudah-mudahan Dapat Merubah Mindset Masyarakat Dalam Menyikapi Pendidikan | STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

Jln Gatot Subroto Km. 3 No. 3 Kel. Lubuk Baru Kec. Padang Hulu Kota Tebing Tinggi

Jayalah AL-Hikmah

STIT Kirim Mahasiswa PPL ke Warga Pesisir, Ketua : Mudah-mudahan Dapat Merubah Mindset Masyarakat Dalam Menyikapi Pendidikan

Rabu, 29 Agustus 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 470 Kali

STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT) Al-Hikmah Tebingtinggi memiliki alasan yang idealis mengirimkan mahasiswa kami ke warga pesisir. Salah satunya adalah untuk merubah Mindset (Pola Pikir) warga yang dominan berpenghasilan nelayan itu dalam memandang pendidikan.

“Tanpa kita sadari terkadang ada mindset yang salah berkembang di tengah-tengah masyarakat untuk dunia pendidikan, di antaranya adalah sekolah itu gak menjamin bisa makan, sekolah itu membutuhkan biaya besar, apalagi untuk tingkat Perguruan Tinggi (PT),” Kata Ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi Bapak Ficki Padli Pardede, MA saat sambutan penyerahan kegiatan perlombaan keagamaan yang dilakukan mahasiswa PPL, di Masjid Al Ihsan, Desa Nenassiam Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Bara, Minggu (26/8).

Kemudian, beliau mengatakan bahwa Berdasarkan observasi oleh para mahasiswa-mahasiswi kami sebelumnya, bahwasannya minat belajar warga pesisisir untuk menempuh dunia pendidikan formal ke jenjang yang paling tinggi sangatlah rendah. Untuk itulah STIT Alhikmah mengirimkan mahasiswa-mahasiswi untuk melaksakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) kepada warga pesisir yang dalam statistik pendidikan berada pada peringkat terendah itu. Dalam PPL itulah semoga akan terbuka cakrawala masyarakat pesisir untuk berupaya keras agar anaknya menempuh jenjang pendidikan formal ke tingkat PT. “Kalau untuk kendala ekonomi dan prasarana STIT Al Hikmah telah memberikan solusi,” lanjut beliau.

Mulai dari dibebaskan dari uang pembangunan, hingga keringanan uang kuliah akan kita fasilitasi bagi warga pesisir. “Di antaranya untuk pembayaran uang kuliah selama 1 tahun bisa dicicil setiap bulannya, kami yakin dengan penghasilan sebagai nelayan, cicilan per bulan itu sangat meringankan,” sebutnya. Di tengah-tengah masyarakat pesisir itu, Bapak Ficki Padli Pardede, MA mengingatkan, agar orang tua memandang masa depan anaknya. “Lihatlah prestasi-prestasi anak-anak ini terbilang mengagumkan dalam kegiatan keagamaan. Untuk itu marilah kita berjuang untuk mengantarkannya kelak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” urai beliau.

Selain itu, Bapak Ketua STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi juga mengucapkan terimakasihnya kepada masyarakat yang telah berkenan menerima mahasiswa dan membantu kegiatan generasi bangsa itu di desa ini. “Kepada tokoh dan masyarakat desa kami ucapkan terimakasih, dan bila ada prilaku atau perkataan yang kurang berkenan terhadap mahasiswa mahasiswi kami, di sini kami memohonkan maaf,” ucapnya.

Sebelumnya Sekretaris Desa Nenasiam Adi dalam sambutannya mengatakan, kedatangan para mahasiswa-mahasiswi PPL STIT Al-Hikmah di desa kami ini sangat membantu warga desa. “Para mahasiswa banyak membantu kegiatan desa, mulai dari kegiatan perwiritan ibu-ibu, hingga kegiatan keagamaan di masjid dan kegiatan di tengah-tengah masyarakat, seperti 17 Agustus, mereka aktif,” ungkap Bapak Sekretaris Desa.

Kami juga sebagai orangtua dari para mahasiswa yang akan menjadi penerus bangsa itu, punya rasa tanggungjawab untuk turut membantu dan mengarahkan mahasiswa mahasiswi agar lebih baik lagi ke depannya dalam berinteraksi dengan masyarakat.

“Untuk kegiatan-kegiatan yang memerlukan anggaran kami juga membantu, mereka tidak kami biarkan mereka bekerja sendiri-sendiri, karena kami sadar mereka belum punya penghasilan dan para mahasiswa-mahasiswi inilah juga nantinya penerus kami yang sudah tua-tua ini, sehingga perlu diperhatikan dengan serius,” urai beliau.

Sedangkan dosen pembibimbing PPL Anugrah Mulia Tampubolon, M.Pd mengingatkan, bahwasannya kegiatan yang merupakan salahsatu Program Tridarma PT tersebut bagi mahasiswa mahasiswi merupakan ‘pemanasan’ yang artinya ini merupakan babak pertama bagi anak didik kami untuk berbuat di tengah-tengah masyarakat.

“ Bagi mahasiswa-mahasiswi kami jadikanlah PPL ini pengalaman yang berharaga dan sebagai modal awal untuk selanjutnya lebih banyak berbuat di tengah-tengah masyarakat. Ke depan tantangan pasti akan lebih berat lagi, maka persiapkan diri kalian dengan bekal ilmu dan pengalaman,” ujar beliau dalam sambutannya.

Sementara untuk perlombaan kegiatan keagamaan yakni Musabaqa Tilawatil Quran (MTQ), Tahfiz Surah Pendek, Pemilihan Dai Cilik (Pildacil), Adzan, Fashion Show Muslimah. Penyerahan hadiah dilakukan langsung Ketua STIT Al-Hikmah, perangkat desa dan tokoh masyarakat.

Untuk kegiatan MTQ, Juara I diperoleh NPP 05 atas nama M Ridwan dengan nilai 550, Juara II NPP 03 atas nama Dicky Wahyuni dengan nilai 480, sedangkan Juara III diperoleh NPP O4 yaitu Alamsyah Putra, dengan nilai 470.

Kemudian kegiatan Tahfiz Surah Pendek, untuk Juara I diraih NPP 13 atas nama Nazira dengan nilai 428, Juara II diperoleh NPP 05 atas nama Ahmad Ar-Royan dengan nilai 425, Juara III NPP 09 atas nama Syariah dengan nilai 421. Selanjutnya kegiatan Pildacil, Juara I diperoleh NPP 01 Rahmat dengan nilai 500, dan Juara II diperoleh NPP 02 atas nama Umairah dengan nilai 405.

Lomba Adzan, Juara I NPP 14 atas nama Ardi dengan nilai 375, kemudian Juara II diraih NPP 13 atas nama Hambali dengan nilai 335, selanjutnya untuk Juara III diraih NPP 15 atas nama Irsal Azizi dengan nilai 310.

Perlombaan Fashion Show Muslimah, Juara I diraih NPP 15 atas nama Ummu dengan nilai 514, Juara II dipereoleh NPP 16 atas nama Meisha dengan nilai 490, Juara III diraih NPP 09 atas nama Luthfi dengan nilai 450, serta juara harapan 1 diraih NPP 08 atas nama Suci Ramadhani dengan nilai 419. (admin)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT