A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/stitalhikmah/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/stitalhikmah/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Lepas KKL, Soekirman Inginkan Mahasiswa Gelar Kegiatan Nikah Massal | STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

STIT AL-HIKMAH Tebing Tinggi

Jln Gatot Subroto Km. 3 No. 3 Kel. Lubuk Baru Kec. Padang Hulu Kota Tebing Tinggi

Jayalah AL-Hikmah

Lepas KKL, Soekirman Inginkan Mahasiswa Gelar Kegiatan Nikah Massal

Senin, 16 April 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 222 Kali

* Mahasiswa Berprestasi akan Diberi Beasiswa

Serdangbedagai – STIT Al-Hikmah : Bupati Serdang Bedagai (Sergei) Soekirman melepas mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Alhikmah Tebingtinggi untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Menariknya dalam pelepasan mahasiswa tersebut Bupati Sergei menginginkan agar mahasiswa yang spesialis keilmuanya adalah ilmu-ilmu keagamaan itu, diharapkan mencanangkan dan melaksanakan nikah massal di desa-desa. “Di desa-desa masih banyak warga kita yang sudah nikah namun tak memiliki buku nikah, artinya para warga tersebut masih nikah secara agama saja,” kata Soekirman kepada para pimpinan STIT Alhikmah Tebingtinggi saat pelepasan mahasiswa KKL, di Aula Pemkab Sergei, Rabu (1/3).

Menurut Soekirman, tidak dimilikinya buku nikah oleh para waga tersebut tentunya sangat menyulitkan hak warga itu sendiri. “ Kami sendiri selaku Pemkab Sergei banyak mengalami persoalan penyelesaian warisan, namun terkendala dengan ketiadaan buku nikah,” ujar Soekirman. Oleh karena itu, dengan kehadiran adik – adik KKL itu, maka diharapkan mahasiswa bisa melakukan advis terhadap masyarakat yang kemudian bisa menggalang dan melaksanakan nikah massal. “Apalagi mahasiswa KKL kita spesialisasi keilmuannya adalah agama, dan di sini jugalah bisa diwujudkan peran Tridarma perguruan tinggi,” harap Soekirman kepada pimpinan kampus dan yayasan.

Dia juga menegaskan, akan memperhatikan mahasiswa-mahasiswa pintar yang berprestasi. “Untuk mahasiswa yang bener-bener berprestasi namun tidak mampu menyelesaikan studinya, maka kami akan memberikan beasiswa,” tegas Soekirman. Orang nomor satu di Pemkab Sergei itu juga mengarahkan agar STIT Alhikmah Tebingtinggi dan Pemkab Sergei menindaklanjuti penyaluran beasiswa tersebut terlebih dahulu dengan melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU). “Secara teknis nantinya mungkin bisa dilakukan dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sergei,” tegas Seoekirman.

Civitas akademik STIT Alhikmah dan mahasiswa peserta KKL bersama aparatur Pemkab Sergei

Sebelumnya Ketua Yayasan STIT Alhikmah Tebingtinggi Ir H Marapinta Harahap M.AP MM mengatakan, dalam rangka turut serta mengisi pembangunan, maka pihaknya telah mendirikan kampus diberbagai tempat di antaranya, Medan dan Tebingtinggi. “Untuk kampus di Kota Tebingtinggi kami mengangkat saudara Ficki Padli Pardede sebagai Ketua STIT, dan kini untuk kampus yang dipimpin tersebut telah memperoleh akreditasi B,” ungkap Marapinta. Dia juga berharap, agar mahasiswa yang akan dilepas untuk melaksanakan kegiatan KKL di kabupaten tanah bertuah negri beradab mendapatkan arahan dan bimbingan. “Kami berharap arahan dan bimbingan untuk anak didik kita yang melaksanakan tugasnya yang merupakan salahsatu persyaratan akademis untuk menyelesaikan studi mereka,” harap Marapinta.

Sementara Ketua STIT Alhikmah Tebingtinggi Ficki Padli Pardede mengatakan, untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan, maka dari aspek pendidikan kami melaksanakan kegiatan perkuliahan di tengah-tengah masyarakat. Pardede menjelaskan, kalau 70 persen anak didik kampus STIT Alhikmah merupakan warga Sergei. “Bahkan alumni-alumni di kampus kita saat ini telah mengajar di hampir seluruh madrasah aliyah maupun madrasah ibtidaiyah di kabupaten tanah bertuah negeri beradab ini,” urai Pardede dalam sambutannya.

Ditegaskan Pardede, sebagai kampus yang telah terakreditasi B, maka kami sangat berharap kerjasama dengan Pemkab Sergei tentunya dalam kerangka mencerdaskan masyarakat. “Karena memang mahasiswa kita banyak yang dari Sergei, karena itu kita berharap adanya alokasi beasiswa bagi mahasiswa kita,” harap Pardede. Terlebih sambung Pardede, saat ini Pemkab Sergei tengah menggalakan pendidikan jarak jauh dengan Institut Pendidikan Bogor yang konsentrasi dalam ilmu-ilmu pengetahuan. “Maka kami hadir dan siap bekerjasama dan membantu dalam membangun pendidikan ilmu-ilmu keagamaan,” cetusnya.

Asisten II Pemkab Sergei Kaharuddin mengenakan kupiah dan batik berwarna biru bersama civitas akademik STIT Alhikmah Tebingtinggi mengenakan jas hitam dan saat melepas KKL

Sedangkan perwakilan Kementrian Agama (Kemenag) Sergei, Masjuki dalam sambutannya membenarkan kalau alumni STIT Alhikmah Tebingtinggi telah mengisi penuh seluruh madrasah aliyah dan madrasah ibtidaiyah. “Artinya menurut data kami, peran serta kampus STIT Alhikmah untuk turut serta dalam membangun masyarakat adalah dalam aspek pendidikan. Itu betul pak,” tegas Masjuki dihadapan Bupati. Amatan wartawan, Pelepasan mahasiswa KKL itu Asisten II Pemkab Sergei Ir Kaharuddin, dihadiri, Camat Dolok Masihul, M Syarif Sitepu, Camat Dolok Merawan Abdurrahim, Camat Tebing Sahbandar, Sariful Azhar SH.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ficki Padli Pardede, MA

    Selamat Datang di Portal Website STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi        Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hikmah…

Selengkapnya